MTQ Internasional II di Gelar di Indonesia

MTQ internasionalSeluruh rakyat Indonesia saat ini sedang disuguhi dengan sebuah event bertaraf Internasional yang digadang-gadang sebagai event untuk memperkenalkan budaya Indonesia. Ajang Miss World, saat ini sedang berlangsung di pulau dewata.

Tetapi sebagai negara dengan jumlah penduduk Muslim terbesar di dunia, adakah yang mengetahui adanya event yang tidak kalah internasional-nya dengan Miss World?? Atau adakah yang mempublikasikan event ini seperti ajang Miss World??

“The 2nd Indonesian Internasional Competition of The Holy Quran at Istiqlal Mosque”

Betul !! Indonesia terpilih menjadi penyelenggara perhelatan akbar MTQ tingkat Internasional untuk yang kedua kalinya. Acara yang dilaksanakan pada 12-13 September 2013 di Masjid Istiqlal Jakarta, dimana pada tanggal 11 September 2013 kegiatan tersebut resmi dibuka oleh Wakil Presiden Budiono yang didampingi oleh Menteri Agama Suryadharma Ali di Kantor Kementerian Agama.

Dalam sambutannya, Wakil Presiden Boediono menyampaikan bahwa MTQ kiranya menjadi jembatan kerukunan untuk memperkuat jalinan kerjasama kaum muslimin antar bangsa. Sementara itu, Menteri Agama Suryadharma Ali menuturkan, ajang MTQ Internasional ini, di samping sebagai syiar, juga sebagai perekat sekaligus memperkokoh hubungan bangsa Indonesia dengan negara-negara lain di dunia.

Dari 30 negara yang diundang, 21 negara hadir dengan mengirimkan perwakilannya. Pada moment kali ini, dilombakan dua cabang yaitu tahfidz dan tilawah dimana seluruh kegiatan dilaksanakan di Masjid Istiqlal. Cabang Tahfidz di laksanakan mulai pukul 08.00, sedangkan cabang tilawah di mulai pukul 20.00.

Satu diantara sekian peserta dari cabang Tilawah, perwakilan dari negara Maroko adalah seorang tuna netra. Lantunan Surat An Nur ayat 1-10 dengan riwayat Warsh memecah hening suasana Masjid Istiqlal malam itu. Walaupun cahaya dunia tidak dapat dia rasakan, tetapi kehadirannya seolah menyampaikan pesan bahwa cahaya Al Quran menerangi hatinya.

Penutupan kegiatan MTQ Internasional kali ini, dilaksanakan pada Sabtu, 14 September 2013 pukul 19.00 di kantor Kementerian agama. Wakil Menteri Agama, Prof. Nasaruddin Umar dalam sambutan penutupannya menyampaikan bahwa MTQ Internasional ini memiliki peran strategis sebagai salah satu sarana menyatukan umat Islam yang di masa-masa mendatang.

Pada acara penutupan diumumkan pula masing-massing pemenang untuk dua cabang yang dilombakan kali ini. Pada cabang Tahfidz, Jajang Hasanudin (Indonesia) berhasil menyabet juara pertama dengan nilai tertinggi 99 disusul Khalid Jasim Al Inaty (Quwait) pada juara kedua dan Muhammad Mubeen (Afrika Selatan) peraih juara ketiga.

Sedangkan pada cabang Tilawah, Ahmad Al Kholidy (Maroko) berhasil menjadi pemenang disusul Duduy Sa’dullah (Indonesia) sebagai juara kedua dan Muhammad Bin Ali (Brunei Darussalam) sebagai peraih juara ketiga.

Dari moment MTQ kali ini semoga kita bisa memetik pelajaran bahwa ditengah kondisi perpecahan dan krisis beberapa negara Islam, kiranya dengan kembali kepada Al Quran, pesan perdamaian akan sampai kepada seluruh penjuru negeri. Dengan Al Quran pula diharapkan ukhuwah akan tetap terjalin dan terjaga tetap kokoh.

~Zoel Auliya~

Silahkan download MP3 6 Qari’ dari negara : Yordania, Belanda, Brunei Darussalam, Singapore, Uni Emirat Arab dan Maroko :

http://www.4shared.com/music/wcO82rPJ/YordaniaMuhammad1-10.html

http://www.4shared.com/music/YDKZXvxI/Belandaal_fath_1-9.html

http://www.4shared.com/music/00ZCePbx/Brunei_Luqman1-12.html

http://www.4shared.com/music/lebAblr2/MArokoAnnur1-10.html

http://www.4shared.com/music/Lj–Geko/SingaporeAz_Zuhruf1-15.html

http://www.4shared.com/music/5X2zY3Gc/UE_Arabal_ahzab_1-6.html

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s