Khusyu’ yang akan hilang

ngajiMembaca sebuah ulasan bahwa ilmu yang pertama akan hilang adalah khusyu’ dan ilmu faraidl.

Berbicara tentang khusyu’, sepertinya hal tersebut sudah nyata adanya. Sering saya memperhatikan orang-orang yang sedang sholat berjamaah di masjid. Ditengah-tengah waktu sholat, suara handphone berbunyi berkali-kali. Entah itu sms, bbm atau bahkan telpon dengan nada dering yang cukup keras dan lamaaa sekali.

Setelah imam mengucap salam tanda sholat usai, jamaah lain masih khusyu’ berdzikir, tapi tidak kalah banyaknya yang langsung mengambil HP dan sibuk membaca sms, bbm bahkan langsung update status untuk woro-woro kepada seluruh dunia bahwa dia sudah sholat. Terkadang saya berfikir, mungkin beliau-beliau itu sedang mengirimkan doa dan dzikirnya nya melalui sms…

Sering sekali saya terdiam disudut masjid dan melihat tingkah laku jamaah. Yang terlihat tertunduk khusyu’ berdzikir, membaca istighafar mungkin hanya beberapa orang dan itu adalah para sesepuh yang mungkin sisa hari-hari mereka hanya diisi dengan menambah bekal menuju akhirat dengan tidak ingin menyia-nyiakan waktunya.

Sembari berdoa dalam hati, “Ya Allah semoga istighfar dan doa segelintir orang yang masih tertunduk khusyu’ itu menghadirkan rahmat dan ampunanMu untuk kami semua yang berada disini…”.

Pernahkah bertanya kepada diri sendiri, berapa jam kita sanggup duduk membaca kitab suci Al Quran?

Mungkin baru satu halaman saja, mata sudah berat..Ngantuk. Atau bahkan baru membaca setengah halaman HP disebelah kita sudah berbunyi dan kitapun reflek, melirih HP dan menghentikan bacaan Quran kita.

Tetapi sadarkah kita bahwa mata kita tidak akan terasa berat sama sekali ketika harus duduk berjam-jam untuk main internet, game, update status di jejaring sosial atau apapun itu. Otak kita sudah mengalami gangguan konsentrasi.

Rasanya teknologi yang ada disekitar kita terkadang menjadi racun bagi diri kita sendiri, ketika kita tidak bisa memanfaatkannya dengan baik.

Semoga kita tidak menjadi orang-orang yang terlena.

~Zoel Auliya~

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s