Senyum Anak Negeri

Hari anak nasional yang diperingati setiap tanggal 23 Juni selalu diwarnai senyum ceria anak-anak Indonesia yang berbalut ratapan tangis pula di beberapa sudut negeri. Tidak bisa dipungkiri masih banyak anak-anak negeri yang tidak mendapat kebahagiaan “versi” mereka.

Berada di remote area, belum terjangkau teknologi ataupun karena kondisi sosial yang membuat mereka tidak bisa tersenyum seperti anak-anak lain pada umumnya. Belum bisa merasakan pendidikan yang merata sampai yang tidak mendapat asupan gizi secara sempurna dalam pertumbuhannya.

Tetapi pastinya masih banyak hal yang patut dibanggakan dari anak-anak negeri ini. Prestasi yang terus diukir membuat kita tersenyum bangga pada anak-anak seraya mendoakan agar seluruh anak negeri ini mendapatkan kebahagiaan selayaknya usia mereka.

Sesaat teringat masa dimana saya berada fase itu. Semua yang saya inginkan seolah ada didepan mata. Apa yang terlintas dikepala selalu diwujudkan dalam sebuah bujuk rayu manja permintaan kepada orang tua. Menghabiskan banyak waktu untuk bermain, tertawa dan tertawa. Tetapi hari ini saya melihat potret wajah anak-anak negeri ini yang masih cukup banyak tidak bisa merasakan bahagianya menjadi seorang anak.

Diusia dini mereka sudah tidak lagi dapat melanjutkan pendidikannya karena orang tua mereka tidak memiliki pekerjaan yang bisa mencukupi kebutuhan sekolah mereka. Tidak jarang mereka dipekerjakan untuk menopang ekonomi keluarga atau yang lebih parah mereka rusak oleh kerasnya zaman.

Dalam senyum dan tawa anak negeri ini masih tersirat luka yang harus diobati.

 

anak1   anak2

anak3

~Zoel Auliya~

Selamat Hari Anak Nasional

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s