Negeri ‘Tukang Jagal’

Miris rasanya ketika di media menyampaikan berita tentang pembunuhan dengan mutilasi atau memotong-memotong korban. Tak henti-hentinya saya berfikir, apa yang ada di benak orang-orang yang tega melakukan mutilasi kawan, sahabat dan bahkan anggota keluarga mereka sendiri. Apakah pelaku mutilasi itu masih bisa disebut waras 100% atau setengah gila. Ketika harus menghilangkan nyawa orang lain bahkan sampai memotong-motong bagian tubuh orang apakah mereka dalam kondisi sadar.

Beberapa waktu terakhir ini kita disuguhkan dengan serentetan kasus pembunuhan mutilasi, mulai suami yang memutilasi istrinya karena cemburu, sampai yang gara-gara uang. Kasus paling menggegerkan adalah sang ‘jagal’ very idham henyansyah alias ryan jombang yang menghabisi 11 nyawa karena cinta sesama jenis. Baekuni alias Babe yang memutilasi 7 orang anak setelah disetubuhi.

Bagaimana cacatan akhlak bangsa kita dibeberapa tahun terakhir ini? Apakah kasus-kasus yang seperti ini dianggap hal sepele? Rasanya tidak bisa disebut begitu.

Kita hidup bertetangga, berkomunikasi dengan sekitar. Lalu bagaimana orang terkadang tidak tahu bahwa tetangganya sedang ‘mencincang’ manusia. Individualisme masyarakat saat ini sudah melewati ambang batas kah?

Jika ditelusuri dari sisi pendidikan, ekonomi dan aspek sosial lainnya kita akan menemukan banyak faktor yang menjadi penyebab kenapa seseorang bisa tega berbuat seperti itu.

Saya mungkin lebih mendapat point bahwa semua karena tipisnya iman seseorang. Tidak ada lagi rasa takut pada Tuhan sang Maha Pencipta dan memiliki kehidupan. Dengan entengnya mereka membunuh. Ngasih nyawa enggak,,malah menghilangkan nyawa orang lain. Tipis sekali rasanya kesadaran orang-orang itu.

Jagal ayam, jagal sapi itu memang sebuah pekerjaan, tetapi jika jagal manusia rasanya itu adalah sangat sangat sangaaat tidak manusiawi. Sederet kasus mutilasi yang terjadi harusnya sudah menjadi tugas seluruh lapisan masyarakat untuk berbenah. Ataukah kita akan membiarkan para penjagal-penjagal itu merusak negeri ini?

 

~Zoel Auliya~

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s