Apa yang hendak kau tuju?

Seorang anak kecil yang duduk di bangku sekolah TK menghampiri ibunya dan berkata, “ Bu adek mau sekolah SD, pake seragam merah putih. Adek ga mau sekolah TK”, setelah dia melihat kakaknya yang duduk dibangku SD memakai baju seragam dan berangkat sekolah.

Disudut lain bumi Allah, seorang anak SD ingin seggera lulus dan segera masuk ke SMP. Pun demikian dengan seorang anak SMA yang selalu berapi-api agar segela lulus dan segera ingin duduk di bangku kuliah, yang sedang kuliah ingon segera bekerja.

Itulah kita. Bahwa dalam setiap fase kehidupan, kita memiliki tujuan yang membuat langkah kita terarah pada satu titik capaian.

Tetapi dari setiap fase yang kita lewati, kapan kita sadar akan tujuan hakiki dari kehidupan kita didunia ini?

Terkadang setelah menginjak usia dewasa pun kita belum mampu memahami kemana hidup akan dibawa. Saat ini kita ingin kesana, tetapi sesaat kemudian kita berubah arah. Namun, pernahkah kita merenung, bahwa sesungguhnya setiap apa yang kita inginkan itu diijabah? Sekalipun ditengah perjalanan kita akan berubah pikiran dan merubah keinginan kita.

Kita hanya menjejakkan kaki dibumi sebatas mampir mempersiapkan bekal untuk kehidupan yang sesungguhnya. Kita boleh mempersiapkan bekal sebanyak mungkin atau bahkan tidak peduli sama sekali dengan semua itu. Boleh saja.

Allah menciptakan kita sebagai khalifah dibumiNYA. Apakah kita membuat bumi ini semakin sejahtera, berkah. Apakah kita menjadi makhluk yang bermanfaat untuk yang lain atau justru sebaliknya menciptakan banyak kemudharatan dibumi ini, juga boleh. Seperti ketika para malaikat harus bertanya kepada Allah mengapa Allah menciptakan makhluk yang justru merusak bumi. Tetapi Allah menjawab bahwa Sesungguhnya Allah maha mengetahui segala sesuatu yang tidak diketahui hambaNYA. Kita menjadi makhluk ciptaaNYA yang paling sempurna diantara yang lain, semoga tidak membuat kita lengah akan tujuan akhir perjalanan kita di muka bumi.

 

~Zoel Auliya~

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s